Monday, September 24, 2012

Type of e-bussiness


Type of e-Bussiness
Bussiness to Bussiness (B2B)
Biasanya disebut B2B atau Bussiness to Bussiness yaitu proses transaksi yang terjadi antar perusahaan yang mana tidak ada perantaranya, jadi terhubung langsung antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya untuk melakukan transaksi bisnis berupa barang maupun jasa. Transaksi bisnis ini dilakukan secara elektronik atau online yang dilakukan secara rutin dan juga dalam kapasitas yang besar.


Bussiness to Customer (B2C)
Sama dengan B2B namun lawan mainnya yaitu antara Perusahaan atau produsen dengan Konsumen sebagai objek transaksinya, sehinga dari perusahaan akan terhubung langsung dengan konsumennya yang mana perusahaan akan menyediakan permintaan konsumen berupa produk maupun jasa. Banyak dari perusahaan-perusahaan yang menyediakan pelayanan pembelian ataupun costumer service melalui website mereka, misalnya bank-bank sekarang sudah bisa melayani pelanggan melalui e-banking yang mana costumer dapat melakukan apa saja dalam transaksi perbankan melalui online ataupun by phone.


Consumer to Consumer (C2C)
Proses transaksional antara konsumen ke konsumen yang lainnya, seperti yang sebelumya berbagai transaksi dapat dilakukan melalui media online atau dunia maya sehingga proses bisnis dapat berlangsung tanpa adanya tatap muka. C2C merupakan e-bussiness yang menemukan konsumen ke konsumen yang lainnya dalam bertukar transaksi, namun perusahaan tidak ikut campur dalam hal ini.

Contoh: http://www.eBay.com, tokobagus.com, Berniaga.com dll

Bussiness to Goverment (B2G)
Hubungan bisnis antara perusahaan atau lembaga dengan pemerintahan, perusahaan akan melayani permintaan dari pemerintah dalam proses transaksi bisnis yang mana mungkin ada kesepakatan tertentu didalamnya sehingga perusahaan akan bisa langsung melayani kebutuhan pemerintah dan dari pihak pemerintah akan membutuhkan kerjasama dalam bidang bisnis dengan partnernya. Misalnya perusahaan


Bussiness to Employee (B2E)
Proses bisnis atau hubungan antara perusahaan dengan pegawainya, biasanya merupakan aktivitas internal di dalam perusahaan atau organisasi yang menggunakan sistem intranet untuk menunjang transaksi bisnis antara perusahaan dengan pegawainya. Disamping itu para pegawai dapat melakukan permintaan barang maupun jasa yang disediakan oleh pihak perusahaan dalam penjualannya.




Mobile e-Commerce
Atau biasa disebut m-Commerce (mobile commerce) yaitu sistem proses bisnis (transaksi) yang dilakukan melalui alat yang bergerak (mobile device) seperti handphone, pc tablet, smartphone dll. Jadi setiap orang bisa melakukan transaksi bisnis kapanpun dan dimanapun seperti sebelumya yang dijelaskan diatas, ada sistem perbankan yang digunakan untuk melakukan transaksi bisnis bagi costumernya melalui mobile device atau biasanya disebut dengan m-banking.






Colaborative Commerce (C-Commerce)
Nah untuk yang ini agak sedikit kurang paham, collaborative commerce atau commerce yang bersifat kolaborasi dengan kata lain hubungan bisnis atau komersil atas suatu entitas yang berkolaborasi dalam mengintegrasikan suatu proses bisnis perusahaan yang masing-masing mempunyai aktivitas dalam mencapai keuntungan komersil.


0 comments:

Post a Comment

~Terima Kasih Banyak~
Jangan Lupa Beri Komentarnya yah..

Powered by Blogger.