Wednesday, July 4, 2012

Cloud Computing atau hanya sekedar tempat penyimpanan

semakin banyaknya teknlogi-teknologi masa depan yang sekarang mulai berkembang pesat dan tidak dapat lagi untuk dihentikan, berbagai keuntungan maupun kerugian sudah mulai banyak terlihat. efek dari kecanggihan teknologi membuat masyarakat publik semakin doyan atau butuh kepuasan dengan teknologi baru, seperti sekarang konsumen akan berupaya keras untuk membeli gadget-gadget baru yang terus bermunculan dan memang tiap perusahaan berlomba-lomba memunculkan produk baru. hanya muncul sebuah prototype saja, para konsumen sudah beringas kayak kucing garong yang siap menerka ikan asin.

dari satu perkembangan tersebut ada 1 teknologi yang tiba-tiba datang tanpa di undang dengan kecanggihan yang luar biasa, dan konsepnya yang keren sekali (menurut aku sih..) bagaimana tidak teknologi cloud computing yang bahasa indonesianya adalah komputasi awan, merupakan teknologi dimana seorang user bisa melakukan penyimpanan maupun akses dari manapun dan pake gadget apapun, yang maksdunya alat-alat hardware tertentu misalnya smartphone, android, pc, notebook dsb. jadi dimana kita berada, gag perlu lagi repot-repot bawa hardware yang gag guna. dengan teknologi tersebut user dapat menyimpan maupun menggunakan data atau software/program yang harus terinstall terlebih dahulu (buang-buang waktu). 
so,, apa itu cloud computing ? ini dia jawabannya...

menurut mbah wikipedia sih, adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. jadi, dengan gabungan tersebut maka terlahirlah teknologi cloud computing yang mana hanya dengan "awan" dan komputer kita sudah bisa melakukan apapun di dalamnya. koq komputer, pc tablet aja sudah bisa apapun, andorid juga bisa.
nih gambaran diambil dari wiki,,
dari gambar di atas jelas gag? nek ndak jelas hubungi aku aja,, hehehe :D
ndak maksudnya adalah semua aplikasi, infrastruktur, data mapun informasi kesemuanya telah disediakan oleh awan (internet) itu sendiri, jadi hardware atau gadget itu cuma digunakan sebagai alatnya saja. sebagai pembacanya saja.. tidak perlu lagi sebuah hardware membutuhkan tempat penyimpanan (hardisk) yang besar lagi.

salah satu pengguna atau penerap teknologi Cloud Computing (CC) adalah mbah segala tahu yaitu mbah Google. dengan browser hasil ciptaannya yaitu Google Chrome dengan program atau sistem yang diciptakan yaitu Google Drive menjadi salah satu contoh tentang CC. jadi, jika file presentasi, word atau lainnya kita bisa melakukan penyimpanan di awan, ketika kita membutuhkan kita hanya mengakses awan itu saja dari internet. 
apabila kita mengedit atau mengupdate data dan informasi tinggal masukin aja user kita ma password tentunya.


mulai tau gag apa itu CC ? nah, klo udah tahu bayar ke aku ya... hahahaha #lempar lemari
gimana dengan penyimpanan data biasa?


teknologi CC itu bukan sekedar tempat penyimpanan data biasa, klo tempat penyimpanan data biasa bisa kita gunakan file sharing aja dunk, gag tau file sharing silahkan tanya mbah google!!!
ya klo mau nyimpan data bisa kita gunakan itu, tapi ini CC atau teknologi masa depan yang kesasar di jaman sekarang. keren kan jika kita bisa menggunakan semua aplikasi tanpa menginstal di PC kita, tanpa buang duit, waktu dan kapasitas space PC kita. gag perlu lagi kerepotan cari software-software yang mahal n susah dapetinnya.

oke,, sekian dulu nyoret punyaku,, klo banyak salahnya ya mohon maaf,, cuma kita saling berbagi aja...
ya toh ????


 

0 comments:

Post a Comment

~Terima Kasih Banyak~
Jangan Lupa Beri Komentarnya yah..

Powered by Blogger.