Wednesday, July 4, 2012

Skala Jarak Geografis di Jaman Mbah Google

Estimasi Jarak dan waktu dulu emang sangat susah dan juga ribet, selain masih manual kita juga harus ngerti komputer dan juga ilmu geografis dan dedengkotnya.. uh ribet.. tapi sekarang dijamannya Google lagi naek daun,, ce ile... apa gag roboh tuh daun?? hehehe.. :D ya sekarang ini google menciptakan content baru di search enginenya, yaitu mencari jarak atau waktu di lokasi diseluruh dunia. dengan mengadopsi teknologi GPS (Global Positioning System) yang super canggih ini rekayasa komputerisasi di teliti hingga google mampu menciptakan pencarian lokasi secara geografis seluruh bumi mulai dari lautan, daratan, pegunungan dll. semuanya itu dibuat senyata dan semirip mungkin dengan tata letaknya kondisi fisik bumi secara aslinya.

dengan bantuan satelit yang canggih, maka penciptaan dimensi artistik dari permukaan bumi bisa diketahui. bahkan kontur permukaan bumi yang tidak rata pun bisa diketahui. bahkan lautan dengan tingkat kedalaman sekian dapat dibedakan. kabarnya pun google maps dapat mengambarkan kedalaman permukaan laut, palung laut, gunung laut dll.semakin canggih aja kan google maps ?

itu belum seberapa, sim salabim.. abakadalbra.... 
Google maps, yup itu content di google juga koq... disebelah kanannya pencarian gambar. jadi, google maps tak sekedar mengetahui lokasi, namun sekarang bisa ngestimasi jarak dan waktu. tambah keren kan ? algoritma sistem informasi geografis yang lumayan memusingkan dunia akhirat ya ga? (tnya pada programmer-programmer). belum lagi kita bisa tahu jarak dari lokasi A ke lokasi B dengan waktu tempuh sekian jam atau menit, dengan kendaraan apa kecepatannya seberapa. sungguh teknologi yang membuat kagum dan bikin tekejut masih ada lagi, kini dengan google maps kita bisa tahu keadaan cuaca di setiap daerah tertentu lho, jadi gag usah lagi nunggu berita nyampek segment ramalan cuaca.. #boring galau..

ada lagi, fasilitas yang memang kudu di dukung oleh browser tertentu, dengan penambahan add ons tertentu kita bisa lihat keadaan lalu lintas di suatu tempat yang tentunya di kota metropolitan besar yang mana mendukung dan bisa mengakses kamera lalu lintasnya. kayak film diehard 4 itu lho, black hacker kelas dunia mengobrak abrik semuanya dengan hanya membutuhkan jaringan global (internet). nah, salah satunya kan menggunakan kamera-kamera yang terhubung ke dalam jaringan.

balik lagi ke google maps, denger-denger sih.. kayak nguping aja aku nih kelihatannya. gag koq, menurut berita terbaru yang beredar. bahwa google berencana akan memetakan planet tetangga kita, yaitu planet mars setelah google memproklamirkan dirinya sudah bisa memetakan kedalam laut. keren gila, awalnya sih google berencana memetakan bulan dan kemudian baru mars. oke deh, kita tunggu berita selanjutnya.

sekian dulu yah, tulisanku kali nih,, semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment

~Terima Kasih Banyak~
Jangan Lupa Beri Komentarnya yah..

Powered by Blogger.