Thursday, July 5, 2012

Ketika Hacker Ikut-Ikutan Berpolitik

seperti diberitakan oleh news.detik.com yang telah memberitakan tentang black campaign(kampanye hitam) yang dilakukan oleh pihak yang tidak dikenal dengan menggunakan hacker untuk meretas atau mengambil alih website rivalnya, dengan adanya permainan hacking di dunia politik maka dapat kita ketahui beberapa tahun mendatang akan terjadi perang cyber (cyber war) yang mana asal mulanya mungkin karena adanya pengaruh politik di dalamnya. black hacker yang bener-bener jago masalah hacking akan direbut oleh banyak pihak, maka nantinya seorang cracker atau white hacker pun akan turut serta memeriahkan cyber war nantinya dengan mengadu algoritma dan logic mereka siapakah yang paling jago.

seperti diberitakan oleh detik.com, Situs resmi pasangan cagub-cawagub nomor urut 3, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di-hack dan tidak bisa dibuka. Tim media center Jokowi-Ahok menilai hacking yang sama dengan black campaign.

"Kami menyesalkan tindakan pihak atau kelompok yang melakukan hackterhadap situs resmi Jokowi-Ahok, www.jakartabaru.co. Dampak hack sama dengan black campaign atau selebaran gelap. Bedanya, hack menghalangi informasi yang baik sampai kepada publik, sedangkan black campaign me-misleading-kan informasi kepada publik. Tujuannya sama-sama merusak informasi yang baik dan benar," kata Tim Media Center Jokowi-Ahok, Budi Purnomo Karjodihardjo, dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (5/7/2012).


jika dilihat secara sepintas, hacker mungkin memang sudah dibayar untuk memang sengaja membobol situs terkait atau mungkin hacker tersebut hanya mencoba-coba untuk membobol keamanan situs tersebut hanya untuk kesenagan semata karena secara filosofinya, seorang hacker biasanya membobol suatu situs atau website hanya untuk senang-senang dan mengetest sejauh mana kemampuannya dalam meretas atau memainkan suatu jaringan.

jadi, hacker jika sudah bercampur tangan dengan politik bisa mengancam suatu governance atau bahkan negara. terkait dengan rahasia-rahasia negara yang top secret dan tidak sampai negara lain akan tahu hal ini kan membuat bahaya suatu negara, maka dari itu semoga saja hacker-hacker tidak melakukan tindakan yang berlumur politik, sebab efek sampingnya sangat berbahaya dan jangan sampai terjadi cyber war, karena kita semua membutuhkan jaringan agar dapat memudahkan kehidupan publik bukan malah untuk kejahatan.


0 comments:

Post a Comment

~Terima Kasih Banyak~
Jangan Lupa Beri Komentarnya yah..

Powered by Blogger.