Monday, October 1, 2012

Hubble Tangkap Pemandangan Luar Angkasa Terlengkap

detail beritaCALIFORNIA - Hubble Space Telescope (HST), teleskop luar angkasa milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengabadikan pemandangan Universe (alam semesta) di luar angkasa terlengkap yang pernah ditangkap. 

Dilansir BBC, Kamis (27/9/2012), disebut eXtreme Deep Field (XDF), gambar yang ditangkap Hubble menampilkan pemandangan luas yang meliputi galaksi serta bintang yang ada di luar angkasa. "Ini benar-benar gambar spektakuler," ujar Michele Trenti, salah satu anggota tim ilmuwan dari Cambridge University di Inggris.

Hubble memerlukan waktu selama 500 jam untuk mengarahkan lensanya menuju titik tertentu di luar angkasa. Hal ini diperlukan guna mendeteksi semua cahaya dan objek yang berada di luar angkasa.

"Kami menatap pada langit ini sekira 22 hari. Kami memperoleh pemandangan alam semesta yang sangat dalam serta melihat bagaimana galaksi dalam masa pertumbuhannya," jelas Michele .

XDF akan menjadi sebuah alat untuk para astronom. Objek yang tertangkap itu juga bisa diikuti oleh teleskop lainnya. Hal ini akan membuat ilmuwan sibuk untuk menelitinya selama bertahun-tahun serta memungkinkan bagi mereka untuk mempelajari sejarah penuh pembentukan dan evolusi galaksi.

Lebih dari 5.000 galaksi tertampil dalam XDF, salah satu dari galaksi itu (kode nama UDFj-39546284) merupakan kandidat untuk galaksi paling jauh yang belum pernah ditemukan oleh ilmuwan. Galaksi tersebut baru terlihat selama 460 juta tahun setelah kelahiran alam semesta (setelah terjadinya Big Bang). Ilmuwan meyakini peristiwa ledakan besar itu terjadi 13,7 miliar tahun lalu.

sumber informasi : http://techno.okezone.com/read/2012/09/27/56/695859/hubble-tangkap-pemandangan-luar-angkasa-terlengkap

0 comments:

Post a Comment

~Terima Kasih Banyak~
Jangan Lupa Beri Komentarnya yah..

Powered by Blogger.